Memilih Akomodasi di Hong Kong

Sebagai salah satu kota tujuan wisata terpopuler di dunia, Hong Kong menawarkan banyak alternatif akomodasi bagi para pengunjungnya. Mulai dari akomodasi bergaya hostel sampai hotel-hotel mewah berbintang lima. Lokasinya pun tersebar di seluruh wilayah Hong Kong, ada di Hong Kong Island, Kowloon, Lantau dan sebagainya.

Bagi saya yang adalah traveler independent, saya memiliki kebebasan untuk memilih akomodasi yang saya inginkan. Tentu harus sesuai dengan budget dan kondisi saya yang akan bepergian bersama suami dan dua anak yang berusia 13 dan 12 tahun. Sejauh ini, setiap kali kami berlibur, kami selalu menginap di satu kamar karena salah satu tujuan utama liburan keluarga kami adalah menjalin kedekatan dan komunikasi dalam keluarga. Dengan kesibukan kami masing-masing yang cukup tinggi di hari-hari biasa, liburan bersama adalah saat yang sangat menyenangkan karena kami bisa menikmati kebersamaan selama 24 jam penuh setiap harinya. Sebab itu, akomodasi yang menawarkan “family room” atau “4 adults in one room” adalah pilihan utama saya.

Mengenai lokasi, karena kami biasanya memilih menggunakan mass public transportation selama berlibur, pilihan akomodasi kami adalah yang dekat dengan stasiun MTR (Mass Transit Railway). Hong Kong Island, Kowloon dan Lantau Island adalah daerah yang terpisah, namun dengan sarana transportasi yang sudah modern, bukan masalah besar untuk tinggal di wilayah mana pun.

Mulailah saya melakukan “riset” pemilihan akomodasi di beberapa situs andalan saya seperti http://www.tripadvisor.com, http://www.agoda.com dan http://www.booking.com. Sebenarnya ada lebih banyak lagi situs pencarian akomodasi lainnya, tetapi bagi saya, tiga situs tersebut sudah mencukupi.

Standar ukuran kamar hotel di Hong Kong memang relatif lebih kecil daripada di kota/negara lain, mungkin karena harga tanah di sana yang sangat mahal. Saya juga memilih untuk ‘main aman’ dengan mencari akomodasi yang memang diperuntukkan bagi keluarga dengan dua anak yang sudah besar. Dengan aktivitas perjalanan yang rencananya cukup padat di Hong Kong nanti, kami semua butuh tempat istirahat yang nyaman, bisa beristirahat dengan baik di malam harinya.

Berdasarkan ratusan review yang sempat saya baca, akhirnya saya memilih Royal Plaza Hong Kong yang berlokasi di Kowloon. Hotel tersebut memenuhi hampir semua kriteria kami. “Family Room” dengan harga sesuai budget kami (di bawah Rp 2.500.000,- per malam menurut http://www.agoda.com), dekat dengan stasiun MTR Mongkok East dan hasil review di tripadvisor yang relatif baik. Saat ini, hotel tersebut masih dalam tahap akhir pengerjaan renovasi yang rencananya akan selesai di akhir November 2013. Salah satu bagian yang masih direnovasi adalah kolam renangnya…. Saya doakan rencana penyelesaian renovasi mereka tepat waktu sehingga hotel mereka sudah selesai direnovasi pada saat kami ke sana pertengahan Desember 2013. Anak-anak kami senang renang, sehingga fasilitas kolam renang di hotel tentu bisa memberi nilai tambah bagi liburan kami.

Lokasi Royal Plaza Hotel di sekitar daerah Mongkok yang berarti dekat dengan Ladies Market, Fish Market, Bird Market dan sebagainya. Hotel tersebut tepatnya berada di lokasi yang sama dengan Grand Century Place (mall) sehingga kami pikir akan nyaman jika kami butuh belanja kebutuhan sehari-hari. Bagi kami yang senang mencoba makanan lokal, lokasi hotel di daerah Mongkok ini sungguh tepat karena di sana banyak terdapat jajanan pinggir jalan (food hawkers).

Baiklah….tiket pesawat sudah terbeli, akomodasi sudah dipesan….selanjutnya menyusun lebih detil rencana liburan dari hari ke hari.

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s