Peraturan Baru di Kantor Imigrasi untuk Pembuatan Paspor

Setelah melakukan pendaftaran online untuk penggantian paspor kedua anak saya, hari ini saya datang ke Kantor Imigrasi Jakarta Utara di Kelapa Gading sesuai dengan jadwal yang saya tetapkan sendiri pada saat mendaftar online.

Saya bersama kedua anak saya tiba di Kantor Imigrasi pada pukul 07.15 pagi. Suasana sudah lumayan penuh meski kantor baru akan buka pada pukul 08.00. Saya langung mendaftarkan diri pada petugas pencatat urutan antrian. Ada urutan yang berbeda untuk para pendaftar online, pendaftar yang ‘go show’ dan….ada urutan yang cukup panjang untuk pendaftar foto.

Karena saya sendiri baru mengurus penggantian paspor saya beberapa minggu yang lalu, saya agak heran dengan panjangnya antrian pendaftar foto. Pada saat saya mengurus penggantian paspor, saya dapat giliran foto pada hari yang sama sehingga saya hanya perlu datang lagi untuk langsung mengambil paspor yang sudah jadi.

Ternyata mulai tanggal 25 November 2013, kantor imigrasi membuat peraturan baru khususnya mengenai tata cara pembayaran biaya pembuatan paspor ini. Dulu kita dapat melakukan pembayaran di loket kantor imigrasi. Sekarang kita harus melakukan pembayaran di Bank BNI. Saya percaya bahwa pembuat peraturan mempunyai maksud baik tetapi dari sisi pemakai jasa, peraturan ini memperlambat proses pembuatan paspor.

Peraturan Baru Ditjen Imigrasi
Peraturan Baru Ditjen Imigrasi

 

Pada hari ini saya hanya dapat menyerahkan berkas saja, lalu saya dipersilakan pulang untuk membayar biaya pembuatan paspor di Bank BNI. Kedua anak saya bahkan sebenarnya belum perlu dibawa ke kantor imigrasi karena pada hari ini mereka tidak melakukan apapun di sana. Sebenarnya ada mobil BNI yang dapat melayani pembayaran, tetapi pagi hari tadi, bank tersebut belum mulai beroperasi sampai pukul 09.00. Selain itu, kita pun tidak dapat langsung melakukan pembayaran di sana karena disarankan untuk menunggu sekitar 1,5 sampai 2 jam untuk memberi waktu mereka memasukkan (atau mengirimkan) data kita ke pihak Bank BNI.

Kita akan diminta datang lagi pada 2 hari kerja berikutnya dengan sudah membawa bukti pembayaran untuk melakukan pengambilan foto dan wawancara….yang berarti juga mengantri lagi sejak pagi.

Antrian pengambilan foto memang didahulukan dari antrian penyerahan berkas. Sangat disarankan untuk datang sepagi mungkin agar dilayani lebih awal.

Saya tidak tahu pasti apakah peraturan baru ini diberlakukan juga di kantor imigrasi yang selama ini menjanjikan “one-day service” tetapi yang jelas untuk Kantor Imigrasi Jakarta Utara seperti yang saya alami, peraturan ini membuat saya harus datang tiga kali: penyerahan berkas, pembuatan foto dan wawancara kemudian pengambilan paspor plus pergi dan mengantri di Bank BNI untuk melakukan pembayaran

Biaya pembuatan paspor pribadi 48 halaman masih sama, yaitu total Rp 255.000,- namun ada biaya administrasi di Bank BNI sebesar Rp 5.000,-.

Bukti Bayar dari Bank BNI
Bukti Bayar dari Bank BNI

Bagi Anda yang berniat membuat atau mengganti paspor, sebaiknya mengantisipasi panjangnya proses ini.

2 thoughts on “Peraturan Baru di Kantor Imigrasi untuk Pembuatan Paspor”

Leave a Reply

