Pengambilan Foto dan Wawancara di Kantor Imigrasi

Naaah….setelah membayar biaya pembuatan paspor di Bank BNI, hari ini saya memenuhi undangan untuk menemani kedua anak saya membuat foto di Kantor Imigrasi Jakarta Utara.

Antrian di Kantor Imigrasi Jakarta Utara, 4 Desember 2013 pukul 06.45
Antrian di Kantor Imigrasi Jakarta Utara, 4 Desember 2013 pukul 06.45

Karena pada waktu kami datang dua hari sebelumnya pada pukul tujuh pagi, antrian sudah panjang, maka hari ini kami bertekad untuk datang lebih pagi. Pukul 06.45, kami sudah tiba di tempat dan ternyata antrian sudah panjaaaang. Ini adalah antrian menunggu petugas yang akan mencatatkan nomer antrian kita. Jadi…setelah petugasnya datang sekitar pukul tujuh, antrian sudah mencair karena sudah dicatat oleh petugas.

Antrian pengambilan foto dan wawancara dipisah dari antrian penyerahan berkas. Ketika saya mencatatkan diri, kedua anak saya mendapat nomor 323 dan 324. Kepala “3” artinya antrian untuk foto, jadi urutan mereka adalah 23 dan 24.

Pukul 8 pagi kantor sudah beroperasi…selalu tepat waktu setiap saya datang ke sana. Good job! Para pengantri foto dipersilakan menunggu di dalam ruangan….ruangannya kecil dengan jumlah kursi terbatas, tapi lumayan sejuk sehingga tidak perlu menunggu di parkiran.

Dengan nomor 323 dan 324, saya bersama kedua anak saya dipanggil pukul 09.45 yang artinya tiga jam setelah kami tiba di kantor imigrasi.

Proses pengambilan foto sangat tidak bertele-tele….prosesnya cepat. Ingat, baju tidak boleh berwarna putih. Kedua telinga harus terlihat pada saat difoto. Sidik jari juga diambil untuk seluruh jari tangan.

Setelah difoto, menunggu sebentar untuk diwawancara. Karena kedua anak saya masih di bawah usia 17 tahun (belum punya KTP), maka yang diwawancara adalah saya sebagai orang tuanya. Kedua anak saya dipersilakan keluar ruangan.  Anak yang belum dewasa juga tidak diminta untuk menandatangani paspornya. Proses wawancara juga ringkas saja. Petugas meminta saya menunjukkan dokumen asli akte kelahiran, akte pernikahan, kartu keluarga, paspor dan KTP kedua orangtua. Sudah….hanya itu saja.

Selanjutnya, paspor dapat diambil dua hari kerja berikutnya antara jam 13.00 – 15.30. Doakan ya….semoga paspor mereka selesai tepat waktu.

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s