Hong Kong Winter 2013: Pakai Baju Apa ya?

Bagaimana sih kondisi Hong Kong di musim dingin? Harus pakai baju seperti apa? Kedua pertanyaan tersebut umumnya ditanyakan oleh kaum wanita yang nggak mau “salah kostum” ketika liburan.

Devani, anak sulung saya yang berusia 13 tahun, senang bereksperimen dengan koleksi pakaiannya. Buat Devani, kesempatan bepergian di suhu yang cukup dingin adalah kesempatan untuk memakai boots, stockings, sweaters, beanies dan sebagainya. Apalagi suhu Hong Kong winter tidak sedingin di negara-negara dengan empat musim seperti di Eropa dan America yang mengharuskan kita menggunakan “long coat” sampai tidak bisa terlihat lagi detil busana yang dikenakan di dalam “long coat” tersebut. Suhu musim dingin Hong Kong pada periode liburan kami masih nyaman, sekitar 10 – 20 derajat Celcius.

Langkah-langkah yang saya tempuh untuk mempersiapkan “wardrobe” liburan di Hong Kong adalah sebagai berikut:

1. Kumpulkan sebanyak mungkin baju berlengan panjang yang anda miliki, baik yang berbahan kaos maupun kain jenis lainnya.

2. Setidaknya anda perlu membawa satu jacket yang bisa menahan dingin sampai suhu 10 derajat. Jika anda memiliki jacket penahan angin (wind breaker) dan berbahan anti basah, lebih baik lagi.

3. Padu padankan baju lengan panjang, lengan pendek, jacket dengan teknik berlapis. Misalnya: t-shirt + sweater + jacket + celana panjang.

4. Untuk “bawahan” celana panjang jeans biasa masih bisa dipakai tanpa lapisan “long john”. Jika anda ingin mengenakan rok, ingatlah untuk membawa stockings atau leggings yang sesuai.

5. Siapkan aksesoris seperti beanies, topi, sarung tangan. Sarung tangan tidak wajib tetapi jika tangan anda mudah terasa dingin, sebaiknya anda menyiapkan sarung tangan.

6. Boots bisa juga anda bawa jika boots anda nyaman untuk dipakai berjalan jauh/lama tetapi jika tidak memiliki boots, sepatu biasa yang enak dipakai untuk berjalan juga sudah memadai. Saya sendiri tidak merasa perlu mengenakan kaos kaki dan kaki saya tidak kedinginan.

7. Ingatlah untuk membawa payung atau jas hujan. Sebaiknya anda periksa prediksi cuaca selama anda akan berada di sana dan jika ada hari-hari hujan, bersiaplah dengan payung atau jas hujan. Anda tentunya tidak mau jalan-jalan anda terhalang oleh turunnya hujan.

Selama saya berlibur di Hong Kong, saya senang mengamati “street fashion” orang-orang yang saya lihat di jalan maupun di mall. Secara umum, mereka tampil modis dan berani main warna…tidak hanya dengan warna-warni dasar seperti hitam, abu-abu, navy blue atau khaki tetapi juga dengan kuning, pink dan orange.

“Pictures speak louder than words” selanjutnya anda bisa melihat beberapa foto Hong Kong street fashion….

IMG_3800

Jaket penahan angin dan basah sangat banyak digunakan.

IMG_3997

Hujan bukan halangan untuk berjalan-jalan menikmati Hong Kong. Sediakan payung kecil yang praktis untuk melindungi anda dari hujan.

IMG_3998

Parade payung di jalanan di daerah Causeway Bay yang ramai dengan orang berbelanja.

IMG_4146

Untuk bawahan, tidak terlalu masalah….celana panjang, jeans, rok, tetap bisa dipakai.

IMG_4947

Meski warna dominan adalah warna-warna gelap, ada juga yang menggunakan warna terang seperti kuning, biru muda.

DSC08378

Pengunjung Disneyland dengan winter outfit sedang menunggu parade datang.

Jika anda tidak sempat membeli winter outfit sebelum ke Hong Kong, tentunya anda bisa juga berbelanja di sana. Di Bulan Desember, sudah banyak “sale” untuk pakaian dan perlengkapan musim dingin seperti boots, sarung tangan, cardigan, beanies, jacket, sweater dan sebagainya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s