Royal Plaza Hotel: “Rumah” Kami di Hong Kong

Menulis pengalaman berlibur di Hong Kong rasanya belum lengkap jika saya tidak berbagi cerita mengenai tempat penginapan kami, Royal Plaza Hotel www.royalplaza.com.hk di daerah Mong Kok. Sebelum memilih hotel ini, saya banyak mencari informasi melalui www.tripadvisor.com untuk membaca review tamu-tamu yang pernah menginap di hotel tersebut sehingga saya sudah mendapat gambaran cukup banyak tentang hotel ini. Setelah saya sendiri merasakan menginap di hotel tersebut, saya siap berbagi pengalaman dengan anda. Untuk melihat foto-foto yang lebih lengkap dan profesional, silakan kunjungi website resmi Royal Plaza Hotel.

Sesuai anjuran kenalan, saya mempersiapkan print out nama hotel dan alamat dalam aksara Mandarin dan nomer telepon hotel untuk diberikan kepada supir taxi yang akan membawa kami dari Hong Kong International Airport menuju hotel. Tidak semua supir taxi Hong Kong dapat membaca tulisan dalam aksara Latin dan jumlah hotel di Hong Kong sangat banyak sehingga tidak semua supir taxi familiar dengan semua nama hotel (kecuali jika anda menginap di hotel yang sangat populer). Begitu kami naik ke taxi, saya langsung memberikan print out nama dan alamat Royal Plaza Hotel. Supir terlihat mengangguk-angguk yang saya artikan bahwa ia mengenali nama dan alamat tersebut. Meski turun hujan di malam kedatangan kami, supir taxi melaju dengan lancar sampai ke area Mong Kok tempat hotel kami berada. Tiba-tiba supir tersebut mengeluarkan gadget-nya dan membuka google map dari gadget tersebut…wah…canggihnya supir ini! Kelihatannya ia hanya ingin memastikan lokasi hotel tersebut melalui google map.

Kami memasuki Royal Plaza Hotel dari arah Grand Century Place www.grandcenturyplace.com.hk yaitu mall yang berada di satu lokasi dengan hotel kami. Pintu masuk utama hotel masih direnovasi selama kami berada di sana. Mall-nya pun sedang direnovasi. Kami tiba di malam hari menjelang jam 10 malam namun suasana lobby hotel masih cukup ramai.

Proses check-in berlangsung lancar dan kami segera mendapatkan key card sebanyak dua buah. Key card juga harus dipakai untuk menggunakan lift hotel menuju lantai di mana kamar kita berada. Kami membawa sendiri semua koper kami ke kamar kami di lantai 15.

Kamar yang kami pesan adalah “Plaza Deluxe Family” yang menyediakan 2 tempat tidur Queen size untuk 4 orang dewasa. Ukuran kamar yang 33 meter persegi tergolong cukup besar untuk standard kamar hotel di Hong Kong. Keunikan kamar-kamar di Royal Plaza terletak di kamar mandinya yang menggunakan dinding kaca ke arah area tempat tidur sehingga jika korden kaca itu dibuka, kamar terlihat lebih luas. Tentunya jika ingin privacy, korden kamar mandi dapat ditutup…., tombol pengatur korden terletak di dalam area kamar mandi.

Pemandangan dari kamar hotel adalah gedung-gedung yang tampaknya adalah apartment penduduk. Ada area duduk-duduk di dekat jendela yang nyaman digunakan untuk melihat pemandangan ke bawah sambil minum teh dan makan cemilan.

Pemandangan dari lantai 15 Royal Plaza Hotel
Tempat duduk-duduk santai di dekat jendela

Fasilitas Kamar

Di bawah ini adalah “review” fasilitas hotel yang disediakan di kamar kami:

2 Queen-sized beds to suit spaciously for accommodating 4 people: tempat tidurnya memang nyaman terutama bantalnya. Kami berempat bisa tidur nyenyak sepanjang malam.

Free in-room WiFi and broadband internet access: koneksi internet dapat diandalkan

LED TV with 60 TV channels: ini fasilitas standard saja…, kami menyalakan TV untuk memeriahkan suasana saja

iPhone/iPod Docking station: tentunya amat berguna bagi pemakai iPhone dan iPod

USB power point for charging electricity: fasilitas ini sangat bermanfaat bagi kami karena kami semua membawa gadget dan ketika sampai di hotel selalu perlu men-charge gadget kami

In-room pay movies: tidak pernah kami gunakan

Electronic safe: kami gunakan untuk menyimpan passport, uang dan gadget yang tidak selalu dibawa jalan

IDD direct service: tidak pernah kami gunakan

Voice mail phone service: tidak pernah kami gunakan

Mini-bar: kami menggunakan lemari pendingin untuk mendinginkan minuman yang kami beli dari luar

Hairdryer: lumayan sering digunakan

Electric power: AC 220V/50 Cycles…ini juga fasilitas standard saja

Untuk kamar mandi, di kamar jenis “Plaza Deluxe Family” hanya ada bath-tub dengan shower di dalam bath-tub. Di kamar jenis yang lebih mahal (Plaza Premier Family), selain ada bath-tub juga ada shower room yang terpisah sehingga lebih nyaman.

Fasilitas Hotel

Royal Plaza Hotel sebenarnya mempunyai berbagai fasilitas sesuai standard hotel berbintang lima pada umumnya. Namun selama kami di sana, kami tidak terlalu berminat untuk makan di restaurant hotel maupun menggunakan fasilitas olah raganya. Padahal awalnya, saya memilih hotel ini karena kolam renangnya tampak menarik dan anak-anak saya senang berenang. Ternyata tak sekali pun anak-anak sempat berenang selain karena waktu yang terbatas juga karena suhu udara yang dingin.

Kemudahan Transportasi

Transportasi umum andalan kami adalah MTR sehingga kami selalu memilih hotel yang dekat dengan stasiun MTR. Ada tiga stasiun MTR yang berlokasi dekat Royal Plaza Hotel yaitu Mong Kok East (East Rail Line), Mong Kok (Tsuen Wen Line) dan Prince Edward (Kwun Tong Line). Ada jembatan dengan atap yang menghubungkan hotel, Grand Century Place mall dengan ketiga stasiun MTR ini sehingga meski hari hujan, anda bisa berjalan tanpa kehujanan. Jadi tergantung dari tujuan anda, silakan memilih MTR stasiun yang sesuai. Selama kami di sana, kami selalu menggunakan stasiun MTR Mong Kok untuk menuju ke Tsim Sha Tsui (Kowloon), Hong Kong Island maupun Lantau Island.

Royal Plaza Hotel sebenarnya menyediakan juga shuttle bus menuju area Tsim Sha Tsui tetapi kami tidak pernah memanfaatkannya karena merasa lebih fleksibel untuk bepergian sesuai dengan jadwal sendiri dengan MTR.

Proses Check-out

Peraturan check-out di Royal Plaza Hotel adalah jam 12 siang. Karena melihat tamu-tamu hotel yang cukup penuh, kami sudah turun ke lobby sekitar jam 11 pagi. Ternyata sudah banyak antrian tamu yang akan check-out tetapi proses check-out berjalan lancar. Karena kami sudah membayar biaya hotel melalui http://www.agoda.com dan kami tidak mengambil apa pun dari mini bar, maka kami tidak perlu lagi membayar apa pun.

Tamu-tamu yang antri untuk check-out

Setelah beres urusan check-out, kami masih ingin makan siang di Grand Century Place sehingga kami menitipkan semua koper kami kepada petugas di lobby hotel. Ada area khusus untuk menitipkan koper dan tampaknya banyak pula tamu yang melakukan hal seperti kami.

Area penitipan koper di lobby Royal Plaza Hotel

Selesai makan siang, kami kembali ke hotel untuk mengambil koper lalu kami siap menuju bandara dengan taxi yang dicarikan oleh petugas hotel. Bye-bye, Royal Plaza Hotel! We really enjoyed our stay there!

8 thoughts on “Royal Plaza Hotel: “Rumah” Kami di Hong Kong”

1. Hai,salam kenal..mau nanya dunk,bulan desember saya ada rencana mau ke hk dan nginap di royal plaza…kalo biaya taxi dari airport ke hotel sekitar berapa?thanks before…marlina

1. Hi Marlina….. Biaya taxi dari airport ke Royal Plaza sekitar HKD $ 250. Kalau seperti kami, keluarga dengan 4 orang, lebih murah naik taxi daripada naik Airport Express menuju hotel. Thank you for visiting my blog 🙂

2. Luar biasa terimakasih atas waktunya untuk sharing pengalaman dan informasi yang sangat berguna,
    Mau tanya kalau keluarga 2 dewasa dan 2 anak kecil, bawa 4 bagasi ukuran paling besar muat apa tidak pakai satu taxi?
    Terimakasih

3. Salam kenal, saya desember ini mau ke HK, saya nginep di Novotel nathan road, mau tanya, dekat ngga novotel dgn royal plaza ? Kl saya pergi dgn 4 org dewasa dan 2 anak2, transportasi apa yg lbh praktis dan murah yah , thanks

1. Salam kenal juga. Dari Novotel Nathan Road ke Royal Plaza tidak terlalu jauh kok. Mengenai transportasi, saya hanya menggunakan taxi dari/ke bandara. Selebihnya, saya memilih menggunakan MRT. Kedua anak saya sudah remaja sehingga tidak sulit diajak naik-turun MRT. Pertimbangan lain, naik MRT mengurangi risiko tersasar karena kita hanya perlu tahu nama stasiun MRT terdekat dengan tempat tujuan. Kami sekeluarga tidak bisa berbahasa Mandarin/Kanton sehingga kami pikir akan sulit berkomunikasi dengan supir taxi jika kebetulan bertemu supir yang tidak lancer berbahasa Inggris.