Mengenal Taro Anggro

Meski belum seterkenal Goa Maria Sendangsono atau Goa Maria Kerep, Taman Rohani Taro Anggro ini menarik untuk dikunjungi jika anda sedang berada di Jawa Tengah. Taro Anggro atau lengkapnya Taman Rohani Anggrung Gondok terletak di lereng Gunung Sindoro, menghadap ke Gunung Sumbing. Lokasi ini sangat indah karena di hari yang cerah, pengunjung bisa melihat kedua gunung tersebut dengan jelas. Hawanya pun sejuk sehingga kunjungan ke Taro Anggro tidak terasa melelahkan meski cukup jauh dari Semarang, kota awal perjalanan kami.

Bagi kedua anak kami, Devani dan Maxi, ini adalah pertama kalinya mereka mengunjungi tempat wisata rohani. Perjalanan dari Semarang ditempuh selama sekitar tiga jam dengan melalui pemandangan alam yang indah di sepanjang perjalanan; kami tiba di Taro Anggro lewat pukul sebelas pagi.

Taro Anggro diresmikan pada tanggal 12 Juni 2010 oleh Bapak Bupati H. Kholik Amal dan diberkati oleh Mgr. Julianus Sunarka SJ. Di kompleks Taro Anggro terdapat rute Jalan Salib yang relatif “mudah” (tidak menanjak dan tidak terlalu jauh), Goa Adorasi Sakramen Maha Kudus, Kapel (ruang tertutup) dan Altar Salib Suci (untuk misa di tempat terbuka).

Beberapa informasi penting yang saya ambil dari brosur Taro Anggro adalah sebagai berikut:

Alamat: Jl. Raya Wonosobo – Temanggung Km. 16, Desa Anggrung Gondok, Kec. Kertek, Kabupaten Wonosobo.

Misa Kudus diselenggarakan setiap Hari Minggu pukul 10.00. Jika anda datang dengan rombongan dan ingin diadakan misa, anda dapat menghubungi Sekretariat dengan contac person: Bp. Petrus Supri 0878 3435 3839 / 0812 2125 2932, Mbak Iin Aquilina 0813 2726 4127 atau dengan Romo Suparmanto MSC di 0815 4207 2744.

Setiap Minggu ke-4 mulai Bulan September s/d Mei diselenggarakan Perayaan Ekaristi untuk Novena Hati Kudus Yesus. Juga ada Perayaan Ekaristi setiap Kamis Malam Jumat Kliwon pukul 19.00 WIB.

Karena “usia” tempat ini memang relatif baru, bangunan-bangunan yang ada di kompleks ini juga tampak baru. Desain-nya diusahakan untuk menyatu dengan alam yang indah.

Saat ini, belum terlalu banyak peziarah yang mengunjungi Taro Anggro. Fasilitas pendukung yang ada di sekitar kompleks ini masih terbatas, sehingga jika anda berencana untuk berkunjung sana dalam kelompok besar, sangat disarankan untuk membuat pengaturan yang rapi (misalnya untuk penyediaan makan, penyelenggaraan misa maupun penginapan jika diperlukan) dengan pihak pengelola Taro Anggro.

Ketika kami ke sana, sedang dibangun penginapan sederhana (home-stay) di kompleks Taro Anggro. Namun tampaknya jumlah kamar yang direncanakan tidak terlalu banyak.

Advertisements

One thought on “Mengenal Taro Anggro”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s