Belanja oleh-oleh di Chinatown Singapore

Kalau jalan-jalan, meski hanya sebentar, pasti cari oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman di Jakarta. Salah satu tempat cari oleh-oleh yang murah meriah di Singapore adalah Chinatown. Jadi, selain saya mencari dim sum enak di Chinatown, saya juga bermaksud beli oleh-oleh souvenir di sana.

Area Chinatown cukup luas, dipenuhi oleh toko-toko souvenir di kiri-kanan jalan. Di jalan utama Chinatown ketika kita keluar dari Exit A MRT Station Chinatown, mobil/kendaraan tidak diperkenankan lewat, sehingga kita bebas berjalan di tengah jalan, menyebrang dari sisi toko yang kiri ke kanan dan sebaliknya tanpa gangguan. Tetapi di beberapa ruas jalan lain seperti di Temple Street dan Trengganu Street, mobil boleh masuk (meski tidak sampai macet) sehingga anda perlu berhati-hati jika ingin menyebrang.

Nah, sekarang mari kita lihat barang-barang apa saja yang bisa dipilih untuk oleh-oleh….

Tiga foto pertama ini adalah oleh-oleh yang biasa dijual dengan harga “3 for $10″…artinya dengan harga SGD 10, anda bisa memilih 3 item apa saja.

DSC09147
Pensil dan ballpoint. Merlion yang di-design mirip logo Starbucks sedang nge-trend pada saat saya ke sana.
DSC09150
Beragam sumpit juga bisa menjadi pilihan
DSC09148
Aksesoris gelang warna-warni

Selain dari barang-barang di atas, tentu ada juga barang-barang souvenir “klasik” seperti T-shirt, key chain (gantungan kunci), magnet dengan harga yang kurang lebih sama “3 for $10” atau kalau untuk key chain, harganya “6 for $10” karena dijual dalam paket berisi 6 gantungan kunci.

Jika anda ingin membeli souvenir pecah belah, banyak juga pilihannya di Chinatown. Meski anda harus hati-hati dalam mengemasnya agar tidak pecah. Untuk barang-barang pecah belah ini, harga per item biasanya di atas SGD 10. Selalu tawarlah harga yang diajukan penjual. Jangan langsung menerima harga penawaran pertamanya.

DSC09155

DSC09154

DSC09153

DSC09152

DSC09151

Tips belanja di Chinatown:

Jika tertarik pada suatu barang, langsung datangi toko tersebut. Area Chinatown cukup luas sehingga anda mungkin akan malas untuk kembali ke toko tersebut.

Harga barang umumnya masih bisa ditawar. Meski sudah tertulis ” 3 for $10″, anda masih bisa mencoba menawar menjadi “4 for $ 10”.

Luangkan waktu sedikitnya 2 jam untuk berbelanja di Chinatown karena areanya cukup luas. Anda bisa duduk untuk makan-minum jika lelah berbelanja lalu lanjut lagi berjalan.

Area Chinatown adalah open market….jadi bersiap-siaplah menghadapi panas dan lembab jika kebetulan cuaca sedang sangat cerah/panas. Sebaliknya, jika hari hujan, anda juga akan terganggu untuk berjalan-jalan di sana. Jadi sebaiknya bawalah payung kecil yang bisa dipakai untuk melindungi anda dari panas terik maupun hujan. Jika anda belum puas belanja di jalan-jalan Chinatown, anda juga bisa mampir menengok ke kompleks pertokoannya yang mirip “Mangga Dua Jakarta”.

DSC09158
Di dalam Chinatown Complex ini juga banyak toko-toko souvenir

Yang dijual di Chinatown umumnya adalah barang-barang souvenir bukan makanan. Jika anda mencari oleh-oleh makanan (coklat, permen, dll), sebaiknya anda pergi ke Bugis Market atau Lucky Plaza.

Selain belanja oleh-oleh, di Chinatown juga terdapat Buddhist temple dan Hindu temple sehingga kunjungan anda ke Chinatown juga bisa digabungkan dengan meninjau kedua temple tersebut.

DSC09159
Buddhist Temple yang terdapat di area Chinatown
DSC09161
Inilah yang bisa anda lihat di Buddhist Temple yang ada di Chinatown
Pos informasi Chinatown
Pos informasi Chinatown
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s