Oleh-oleh yang Manis dari Singapore

Salah satu jenis oleh-oleh ‘klasik’ dari liburan adalah makanan. Bagi yang bepergian ke Singapore, salah satu titipan yang sedang ‘hits’ akhir-akhir ini adalah Ovomaltine…., selain “Kit Kat Green Tea’ yang beberapa waktu sebelumnya juga sangat populer sebagai barang oleh-oleh.

Ini dia....Ovomaltine Crunchy Cream
Ini dia….Ovomaltine Crunchy Cream

“Di mana kita bisa beli Ovomaltine di Singapore?” tentunya itulah pertanyaan awal jika kita mencari barang. Menurut hasil googling, Ovomaltine dijual di Candy Empire…yaitu salah satu toko spesialis yang menjual snack manis…permen, coklat dan kawan-kawan. Ada 4 outlets Candy Empire menurut website-nya (www.candyempire.com.sg) yaitu di Vivocity, Millenia Walk, Star Vista (dekat Buona Vista MRT) dan Changi Terminal 1 Departure.

Di Singapore dimulailah perburuan saya mencari Ovomaltine. Pertama, saya menuju Millenia Walk karena lokasinya tidak jauh dari tempat saya menginap. Ternyata di sana….stock kosong…waaah….gagal deh. Saya bertemu dengan sesama orang Indonesia yang juga sedang mencari Ovomaltine dan sama-sama kecewa.

Keesokan harinya…setelah dari Chinatown, saya menuju Vivocity yang hanya berjarak satu stasiun MRT (dari MRT Chinatown ke MRT Harbour Front). Sampai di Candy Empire Vivocity, saya juga melihat beberapa orang Indonesia yang mencari Ovomaltine. Tampaknya Ovomaltine ini memang sedang trendy sekali bagi warga Jakarta.

Pembelian Ovomaltine dijatah 3 botol per customer! Waaah, saya semakin penasaran dengan kepopuleran produk ini. Akhirnya saya beli 3 botol, masing-masing 400 gram (hanya ada 1 ukuran botol). Meskipun lumayan berat untuk dijinjing tapi biarlah, yang penting sudah berhasil beli Ovomaltine.

Stock Ovomaltine Crunchy Cream di Candy Empire Vivocity
Stock Ovomaltine Crunchy Cream di Candy Empire Vivocity

Nama resminya adalah “Ovomaltine Crunchy Cream”, yaitu selai coklat untuk dioleskan di roti tawar. Ovomaltine adalah merk Switzerland, tetapi diproduksi di Belgia. Ketika saya beli, harganya sekitar SGD 10 per botol. Sebelum saya berangkat ke Singapore, saya sempat melihat Ovomaltine ini dijual di Ranch Market Grand Indonesia dengan harga Rp 220.000,- per botol yang berarti lebih dari dua kali lipat harga di Singapore!

Selain crunchy cream ini, juga ada Ovomaltine dalam bentuk chocolate bar, muesli, drink powder. Saya juga sempat beli Ovomaltine Chocolate bar dan drink powder di Candy Empire.

Choc Ovo...coklat rasa Ovomaltine
Choc Ovo…coklat rasa Ovomaltine

Pertanyaan berikutnya…”Bagaimana rasa Ovomaltine Crunchy Cream?” Untuk sarapan pagi di hari pertama setelah saya kembali dari Singapore, saya langsung mencicipi Ovomaltine yang dioles ke roti tawar. Sensasi pertama adalah ‘kres…kres…kres…’ terasa benar keunggulan ‘crunchy’ yang ditawarkan Ovomaltine. Kalau rasa coklatnya sendiri, sebenarnya Nutella juga sama enaknya. Keunggulan lainnya, Ovomaltine Crunchy Cream ini lebih creamy dibanding Nutella (meski sama-sama disimpan di suhu ruangan) sehingga tidak lengket di gigi.

Sebagai catatan, saya sempat juga mencoba ke Candy Empire di Changi untuk beli Ovomaltine lagi…ternyata di sana tidak ada stocknya. Untunglah sudah beli 3 botol sewaktu di Vivocity.

Dan…harus diingat, Ovomaltine Crunchy Cream ini tidak boleh dibawa dalam ‘hand-carry’ ke pesawat karena dianggap ‘liquid’ dan kuantitasnya 400 gram. Jadi, jika ingin belanja Ovomaltine Crunchy Cream di Singapore, pastikan bahwa anda menyimpannya di koper yang dimasukkan ke bagasi, bukan hand-carry ke kabin penumpang.

“Apa lagi yang manis-manis dari Singapore?” Selain rangkaian produk Ovomaltine, juga ada permen/coklat lainnya yang sedang populer dijadikan oleh-oleh ke Indonesia yaitu:

Nutella & Go: ini seperti biscuit stick yang dicocol ke chocolate spread. Mudah ditemukan…saya beli di toko-toko souvenir di Lucky Plaza, Orchard Road dengan harga SGD 10 untuk tiga Nutella Go.

Nutella Go
Nutella & Go

Kit Kat Green: sama seperti Kit Kat chocolate bar yang biasa kita temukan di Jakarta, tapi coklatnya memakai rasa green tea. Ini juga mudah ditemukan, di Lucky Plaza (SGD 20 untuk 3 pak berisi @ 12 mini Kit Kat Green Tea). Untung saya tidak langsung beli di Lucky Plaza, karena saya akhirnya menemukan barang yang sama di Bugis Market dengan harga SGD 5 per pak.

Kit Kat Green Tea berisi 12 mini chocolate
Kit Kat Green Tea berisi 12 mini chocolate

Reese’s: ini adalah merek peanut butter dari America (seperti Skippy) yang memiliki berbagai varian produk berbasis peanut butter, mulai dari selai kacang, permen dan chocolate bar. Banyak dijual di Candy Empire maupun Cocoa Trees. Reese’s ini adalah favorit Devani.

IMG-20140427-01803
Berbagai produk Reese’s…semuanya berbasis peanut butter
IMG-20140508-01827
Peanut Butter Cups…maaf…isinya sudah habis…tinggal bungkusnya saja 🙂

Wonka candy: dipopulerkan melalui novel “Charlie and the Chocolate Factory”. Ada berbagai jenis permen Wonka dan mulai banyak juga dijual di bazaar-bazaar atau online shop Indonesia.

Wonka Candy rasa soda
Wonka Candy rasa soda

Kisaran harga coklat dan permen ini sangat bervariasi. Jika anda ingin membeli oleh-oleh dalam jumlah banyak, cari saja permen  atau coklat dalam bungkus/kantongan yang jumlahnya banyak. Umumnya permen dan coklatnya sudah dibungkus secara individual sehingga mudah untuk dibagikan.

Sebagai penutup tulisan ini, saya ingatkan….kalau anda beli permen dan coklat untuk oleh-oleh, jangan lupa beli untuk diri sendiri 🙂 supaya tidak penasaran dengan rasanya!

 

 

 

4 thoughts on “Oleh-oleh yang Manis dari Singapore”

Leave a Reply

