How to Survive in Ikea Alam Sutera

Fenomena “me first” memang sangat kuat berkembang di masyarakat kita. Beberapa waktu sebelum gerai pertama Ikea Indonesia dibuka, orang sudah ramai bertanya-tanya tentang kapan pastinya Ikea Alam Sutera akan dibuka. Katalog Ikea yang dibagikan secara gratis ke rumah-rumah secara acak semakin membuat orang penasaran ingin segera berkunjung ke Ikea.

Saya yakin banyak orang JaBoDeTaBek yang sudah pernah ke Ikea, setidaknya ke Ikea Singapore…sehingga banyak yang sudah kenal dan jatuh hati pada Ikea. Kelompok orang ini tentunya tak sabar untuk mengunjungi Ikea Alam Sutera…sesegera mungkin setelah Ikea Alam Sutera dibuka untuk umum pada Hari Rabu, 15 Oktober 2014 yang lalu.

Saya sekeluarga termasuk dalam kelompok “Ikea Fans”…. Ikea selalu ada dalam tujuan wisata kami jika berlibur ke negara/kota yang memiliki Ikea. Meskipun toko Ikea selalu sama saja di setiap kota yang sudah pernah kami kunjungi, tapi magnet Ikea selalu begitu kuatnya menarik kami untuk datang. Akhirnya, pergilah kami ke Ikea Alam Sutera pada Hari Sabtu, 25 Oktober yang lalu.

Berikut adalah laporan kunjungan perdana kami ke Ikea Alam Sutera.

1. Jam Kunjungan

Toko Ikea buka mulai pukul 10 pagi sementara restaurantnya buka mulai pukul 09.30.

Datanglah sepagi mungkin untuk menghindari antrian kendaraan yang sangat panjang untuk masuk ke area Ikea. Jika anda datang pagi, mudah untuk mendapatkan tempat parkir.

Kalau memang berencana untuk mampir ke restaurant Ikea, langsung menuju restaurant sebelum masuk ke toko. Makin siang, restaurant semakin penuh.

2. Area Toko

IMG-20141025-02279
Lantai Bawah: Market Hall dan Bistro. Lantai Atas: Showroom dan Restaurant

Ikea Alam Sutera hanya terdiri dari dua lantai. Begitu masuk, anda akan melihat escalator untuk naik ke lantai dua.

Di Lantai 2 terdapat Showroom dan Restaurant. Pada saat saya ke sana, showroom sangat penuh manusia. Anda tidak bisa membeli barang di showroom karena tujuan utama showroom adalah untuk display. Jadi, jika anda sebenarnya sudah tahu barang yang ingin anda beli (misalnya sudah lihat di website atau katalog), saya sarankan untuk menghindari showroom. Anda bisa langsung ke restaurant di Lantai 2 jika ingin makan, atau langsung ke area Market Hall di mana anda bisa mengambil sendiri barang yang ingin anda beli.

IMG-20141025-02280
Beginilah padatnya showroom Ikea di Sabtu siang hari
IMG-20141025-02281
Suasana Showroom

3. Pilih Makan di Restaurant atau di Bistro?

Swedish Meatballs adalah makanan paling khas dari Ikea. Ikea berasal dari Swedia…dan rupanya, ‘bakso’ juga populer di sana. Untuk Ikea Indonesia, Swedish meatballs yang ditawarkan adalah versi halal. Saya sendiri belum sempat mencicipi Swedish Meatballs di Alam Sutera karena tidak rela antri yang begitu panjangnya di restaurant. Pada kunjungan perdana kemarin, hanya Maxi yang rela antri di Bistro untuk membeli ice-cream dan soda. Harga ice-cream hanya Rp 4000 untuk satu cone rasa vanilla. Harga soda Rp 11.000,- boleh diisi ulang jika anda perlu minum lebih dari 1 gelas.

Ikea Bistro menjual makanan ringan yaitu hotdog, ice-cream, minuman soda, teh dan kopi. Harganya relatif murah tapi anda harus siap antri. Pertama antri di counter untuk membayar dan mendapatkan ‘coin’, lalu antri di mesin ice-cream untuk mengambil sendiri ice-cream anda dengan memasukkan coin tersebut. Untuk minuman, anda akan mendapat 1 gelas kertas yang bisa anda isi sendiri dengan minuman dari mesin yang sesuai (soda/teh/kopi).

IMG-20141025-02282
Antrian di Bistro Ikea
IMG-20141025-02283
Antrian di depan mesin ice-cream

4. Tips Berbelanja

Idealnya, anda sudah tahu barang apa  yang ingin anda beli. Kunjungilah website (www.ikea.co.id) atau bacalah katalognya. Di sana anda sudah dapat mengetahui harga, pilihan warna dan ukuran barang (misalnya furniture) yang anda minati.

Ikea adalah toko self-service. Konsep mereka mirip seperti ‘budget airlines’ yaitu customer hanya membayar jasa yang diinginkan. Misalnya, anda tidak akan diberikan kantong/tas belanja. Jika anda memerlukannya, anda bisa membelinya ketika anda membayar di kasir. Harganya Rp 9.900,-.

Semua furniture dikemas dalam kardus dalam kondisi rata/”flat”. Jika anda membutuhkan jasa ‘perakitan furniture’, anda bisa membayarnya. Jika anda ingin barang anda diantar ke rumah, juga ada ongkosnya.

Jadi, harga yang tertera di katalog/website adalah harga barang saja, tanpa tambahan layanan apa pun.

Jika anda memang niat belanja di Ikea, bawalah sendiri tas belanja anda. Pertimbangkan apakah anda dapat membawa pulang sendiri barang belanjaan anda, khususnya jika anda membeli furniture besar, seperti meja, lemari, sofa.

Barang-barang yang ingin anda beli dapat diambil di area Market Hall di lantai dasar. Sebelum masuk ke Market Hall, terdapat trolley yang bisa anda gunakan untuk meletakkan barang belanjaan anda.

Tidak ada antrian panjang di kasir ketika kami ke sana. Tampaknya orang hanya ingin lihat-lihat barang saja tetapi belum siap untuk berbelanja. Proses pembayaran berlangsung singkat dan cepat.

Selesai urusan di Cashier, kita bisa segera keluar dari area Market Hall dan disambut dengan area “Swedish Market” yang menjual makanan-makanan (umunya snack) dari Swedia.

5. Tips Parkir Kendaraan

Ketika kami ke sana, suasana sangat penuh. Antrian kendaraan yang ingin masuk Ikea sudah sangat panjang. Akhirnya, petugas pengatur parkir memperbolehkan mobil-mobil di parkir di tanah kosong di depan toko Ikea.

IMG-20141025-02286
Parkir di tanah kosong di depan Ikea

Perlu diingat bahwa memarkir kendaraan di luar halaman Ikea tentunya sangat menyulitkan jika anda ingin berbelanja banyak barang. Karena artinya anda harus mengangkat semua barang anda ke jalanan. Trolley tidak diperbolehkan untuk dibawa ke luar toko.

IMG-20141025-02284
Anda harus angkat sendiri barang anda sampai ke mobil di jalanan
IMG-20141025-02285
Mobil-mobil ini berhasil masuk ke halaman toko setelah mengantri panjang

 

Terlepas dari perjuangan yang harus kami lalui untuk mengantri dan berdesak-desakan di Ikea, kami sekeluarga puas karena berhasil membeli beberapa barang yang memang sudah kami rencanakan.

Lain kali….saya bertekad untuk berkunjung lebih pagi dan makan di resto Ikea…tentunya makan Swedish Meatballs!

Detail tentang Ikea:

Address:
IKEA Alam Sutera
Jl. Jalur Sutera Boulevard No. 45
Alam Sutera
Serpong, Tangerang
15320 Indonesia

Contact Details:
Phone: 021 2985 3900
Fax: 021 2985 3901

Store Opening Hours:
Monday – Sunday 10.00 – 22.00

Restaurant Opening Hours:
Monday – Sunday 09.30 – 21.00

Advertisements

2 thoughts on “How to Survive in Ikea Alam Sutera”

  1. haduhhh….. rame banget yaa ikea. Tadinya ada rencana mau ke sana juga. Tapi gak jadi deh… nanti – nanti aja….. kalo udah gak tertalu rame lagi. Biar bisa santai liat – liatnya he..he.he…! Kalo nama pendeknya biasa di panggil apa yaa…? kalo nulis nama lengkap kepanjangan, ^_^.
    Blognya aku link ke blog list aku ya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s